Site news

MAHASISWA UMPRI MENJADI PESERTA PROGRAM BANGKIT TAHUN 2021

 
Picture of Super Admin
MAHASISWA UMPRI MENJADI PESERTA PROGRAM BANGKIT TAHUN 2021
by Super Admin - Thursday, 17 June 2021, 2:01 AM
 

Blog Details

Empat mahasiswa Universitas Muhammadiyah Pringsewu (UMPRI) Lampung menjadi mahasswa terpilih yang bisa mengikuti kegiatan program Bangun Kualitas Manusia Indonesia (Bangkit) Thaun 2021 yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan Google, Gojek, Tokopedia, dan Taveloka untuk memberikan pelatihan digital pada mahasiswa. Kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa dapat lebih siap untuk memulai karier di bidang teknologi yaitu pemprograman dengan pengembangan Android dan komputasi cloud dengan focus pada google cloud platform.

Melansir laman Dikti Kemendikbud, program Bangkit merupakan program pendidikan yang ditujukan untuk mahasiswa yang ingin mempelajari dasar-dasar Machine Learning, pemrograman android, atau cloud computing yang akan ditawarkan melalui Kampus Merdeka untuk memilih yang memnuhi syarat dari Seluruh Indonesia. Kegiatan ini diikuti oleh 3000 mahasiswa seluruh Indonesia yang empat diantaranya merupakan perwakilan dari mahasiswa FKIP UMPRI yaitu Juliana Istiqomah dari Program Studi S1 Pendidikan Matematika yang mengikuti learning paths pada “Machine Learning with Tensorflow” dengan study learning bergabung dengan Universitas Negeri Yogyakarta, Zulfa Tufiqoh dari Program Studi S1 Pendidikan Matematika yang mengikuti learning paths pada “Machine Learning with Tensorflow” dengan study learning bergabung dengan Universitas Brawijaya, Ajeng Savitrie dari Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris yang mengikuti learning paths pada “Mobile Programming with Android” dengan study learning bergabung dengan Universitas Negeri Yogyakarta, dan Mutiara Putri Anggraini dari Program Studi S1 PGSD yang mengikuti learning paths pada “Mobile Programming with Android” dengan study learning bergabung dengan Universitas Padjajaran. Selain itu, mahasiswa akan mendapatkan keterampilan yang berguna untuk mengembangkan karier masa depan mereka, seperti design thinking, kepemimpinan, komunikasi, entrepreneurship, dan keterampilan presentasi.

Program Bangkit selaras dengan kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka, terkait dengan konsep kegiatan belajar mahasiswa, sehingga dengan mengikuti program ini, dapat diakui sebagai kegiatan belajar mahasiswa yang setara dengan 20 Satuan Kredit Semester (SKS). Selain itu, mahasiswa mendapatkan sertifikasi dari Google, kesempatan menjadi salah satu dari 10 tim terpilih untuk menerima dana inkubasi untuk proyek yang dibuat, dan kesempatan menjadi salah satu dari 40 nominator Bangkit untuk mengikuti program UIF di Universitas Stanford. Kegiatan program Bangkit dilaksanakan serentak mulai Februari 2021 selama 18 minggu kedepan sampai akhir Juni 2021 dan proses pelaksanaan dilakukan secara daring. (umpri centre).